English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, March 22, 2014

Posted by Agus Siahaan on Saturday, March 22, 2014 in , | 13 comments
Pada postingan kali ini saya akan share tentang penyimpanan data cloud yang saya gunakan. Sebelum kita membahas tentang penyimpanan virtual cloud ada baiknya teman - teman membaca artikel sejarah penyimpanan data berikut http://slametriyanto.net/sejarah-penyimpanan-data-data-storage/

Penyimpanan data cloud adalah sebuah teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan adanya server virtual sebagai media penyimpanan. Pada penyimpan yang umum kita gunakan seperti Flashdisk, harddisk portable dan sebagainya kita akan kerepotan bila tertinggal atau hilang (apalagi disaat penting seperti meeting atau persentasi). 

Namun dengan adanya penyimpanan data virtual/cloud kita tidak perlu repot-repot membawa perangkat penyimpanan tersebut kita cukup menggunakan gadget (saya menggunakan android) lalu login ke website/aplikasi cloud tersebut dan kita bisa mengambil data yang diperlukan (tentu kita harus sudah upload sebelumnya). 

Tidak perlu panjang lebar untuk sejarah dan pembahasan tentang penyimpanan data virtual/cloud karena banyak yang telah menulis tentang artikel tersebut. Berikut saya bagikan beberapa aplikasi yang sering saya gunakan :

Dropbox





Dropbox adalah layanan gratis yang memungkinkan Anda membawa foto, dokumen, dan video ke mana saja dan membaginya dengan mudah. Dropbox didirikan pada tahun 2007 oleh Drew Houston dan Arash Ferdowsi, dua mahasiswa MIT yang bosan bolak-balik mengirim email untuk dikerjakan di lebih dari satu komputer.

Sekarang, lebih dari 200 juta orang dari berbagai benua menggunakan Dropbox untuk memudahkan akses ke file-file mereka, berbagi dengan teman dan keluarga, dan mengerjakan proyek-proyek tim. 

Dengan kapasitas penyimpanan 2Gb gratis saya rasa dropbox cukup untuk digunakan untuk keperluan standar. 

Untuk cara penggunaanya bisa langsung buka ke web resmi Dropbox

Dropbox via web
Dropbox via aplikasi windows

Dropbox via Android

OneDrive
 


Awal januari 2014 skydive berganti nama menjadi OneDrive. Sama halnya dengan dropbox, OneDrive juga merupakan penyimpanan cloud yang banyak digunakan untuk penyimpanan foto,dokumen dan menshare nya melalui link tertentu.

Dengan kapasitas yang lebih besar (7Gb) dari dropbox wajar bila OneDrive memiliki pengguna yang cukup banyak. Terlebih lagi OneDrive merupakan salah satu produk milik Microsoft. 

Untuk cara penggunaanya bisa langsung buka ke web resmi OneDrive

OneDrive via web

OneDrive via aplikasi windows
OneDrive via Android 1

OneDrive via Android 2

Google Drive

Pilihan utama jatuh kepada Google drive. Dengan banyak alasan yang panjang bila saya jelaskan satu persatu. Namun intinya karena google drive adalah penyimpanan data cloud dengan kapasitas terbesar yang saya miliki (15Gb). Untuk pendaftar baru biasanya akan di berikan 5Gb gratis (uppsss udah 15Gb. hehehee).
Untuk cara penggunaanya bisa langsung buka ke web resmi Google Drive

Google Drive via web
Google Drive via aplikasi windows

Google Drive via Android 1

Google Drive via Android 2

Ketiga aplikasi diatas dapat kita gunakan baik melalui web, aplikasi PC/Laptop dan perangkat mobile (Saya Android). Sebenarnya masih ada tempat penyimpanan data cloud lainnya seperti CX, Box, iCloud dan lain sebagainya.

Demikian postingan saya hari ini, semoga bermanfaat. 

Sumber :

http://goo.gl/AtzeZw

Comments
13 Comments

13 comments:

  1. thanks gan , bermanfaat sekali bagi saya, namun bisa tidak mencontohkan cara mengupload file-file ke dalam penyimpann data cloud seperti contoh di atas ?? Dan bagaimana jika saya menginginkan memakai google drive, namun memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 15 Gb, mohon pencerahannya gan, thanks ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berikut caranya :
      1. Kita harus punya dulu akun google.
      2. Lalu download aplikasi Google Drive (Baik PC/Andoid)
      3. Kemudian setelah login kita bisa langsung upload data yang ingin kita simpan di cloud.

      Begini gan, kalau untuk google drive pada saat kita mendaftar kita hanya diberi 5Gb untuk pengguna baru (saat saya menggunakannya pertama kali) dan akan bertambah dengan sendiri nya bila penggunaan kita baik. Namun kini google sudah memberikan 15Gb untuk pengguna baru.

      Semoga menjawab pertanyaan agan.
      Terima Kasih.

      Delete
  2. Untuk penyimpanan onedrive atau google drive kapasitas besar apakah tidak mmpengaruhi kinerja hp bro?seperti terjadinya hank atau saat mmbuka file menjadi berat atau hp menjadi sering lowbath?..thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya sich tidak mempengaruhi. Karena saya menggunakannya saat diperlukan saja. Yaitu login saat dibutuhkan saja, kalau tidak digunakan yang log out.

      Terima Kasih.

      Delete
  3. Nice topik,

    Penyimpanan data cloud ini sangat membantu dalam penyimpanan file secara online, kita bisa membuka dan mengakses dokumen yang kita simpan kapanpun dan dimanapun secara bebas, asalkan kita terhubung dengan internet. Peralatan yang digunakan juga bermacam - macam bisa di HP smartphone, Tablet PC, PC Desktop, Notebook atau Netbook Selain tempat penyimpanan, Google drive juga bisa digunakan untuk sharing file dengan kapasitas yang besar.

    ReplyDelete
  4. apakah data yang kita simpan itu aman?
    mampir ke blog ane,klik http://alianto24.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman ga. Pengalaman saya menggunakan penyimpanan clous tidak ada masalah. Mungkin bila agan perlu privasi ya tinggal agan tambah winrar n kasi password. Cara terakhir tidak menyebarkan link yang agan punya, so cuma agan dan penyedia layanan cloud yang tahu (heheheheee :) )
      Terima Kasih

      Delete
  5. Gan selain kelebihan penggunaan cloud boleh di share juga kelemahan system cloud ini.. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaannya menarik,

      Kelemahan system cloud yang saya tahu ada 3, yaitu :

      1. Harus memiliki koneksi internet.
      Internet bisa dibilang jalan satu-satunya jalan menuju komputasi awan, ketika tidak ada koneksi internet ditempat kita berada maka jangan harap bisa menggunakan sistem komputasi awan.

      2. Kerahasiaan dan keamanan data.
      Dengan menggunakan sistem komputasi awan berarti kita mempercayakan sepenuhnya atas keamanan dan kerahasiaan data-data kepada perusahaan penyedia server komputasi awan.
      Seperti yang dipertanyakan bro Alianto diatas saya sudah kasi solusinya.

      3. Kualitas server komputasi awan
      Salah satu pertimbangan terpenting sebelum kita memutuskan untuk menyediakan jasa penyedia server komputasi awan. Bukan tidak mungkin kita akan dirugikan ketik server tempat dimana kita menyimpan file atau akses program sewaktu-waktu akan down atau berperforma buruk, alih-alih kita semakin dimudahkan dengan komputasi awan justru kita malah dirugikan karena kualitas server yang buruk.

      Terima Kasih.

      Delete
  6. hi bro,

    kalau ingin menyimpan, file dalam folder untuk ketiga nya apakah ada format zip sendiri bro? atau fleksibel? (rar, zip, 7z dll)

    trims, infonya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sis baru bales,

      Untuk penyimpanannya sendiri bebas/fleksibel jadi mau format apa saja bisa.

      Terima kasih.

      Delete

Perhatian !!!

Komentar tidak boleh mengandung unsur :
1. Penghinaan atau pelecehan.
2. Pornografi dan rasisme.
3. Spamming (Spam Comment).
4. Link aktif atau text anchor, dan sejenisnya.
5. Jangan lupa bantu dengan klik iklannya.

Setiap komentar yang anda sampaikan akan segera saya jawab.
Terima kasih telah berkomentar.